Selasa, 20 Mei 2008

A JELLYFISH IS NOT A JELLY

Although jellyfish live in ocean, they are not fish. So, what are jellyfish, then?

Jellyfish are marine invertebrates. They can be found in every ocean in the world and in some fresh water. They eat small fish and planktons.




Meskipun ubur-ubur tinggal di lautan, ubur-ubur bukanlah ikan. Jadi, apa sih ubur-ubur itu? Ubur-ubur adalah hewan laut yang tidak bertulang belakang. Mereka dapat ditemukan di semua lautan di dunia ini dan juga di beberapa perairan air tawar. Mereka memakan ikan-ikan kecil dan plankton.

Each jellyfish has an umbrella-shaped body. The body produces jelly.

Jellyfish don’t have any head, brain, heart, eyes and ears. But jellyfish have many tentacles. Each tentacle has poisonous, stinging wells. Jellyfish use these tentacles to catch and string their prey.




Setiap ubur-ubur memiliki tubuh yang berbentuk payung. Tubuhnya menghasilkan jeli. Ubur-ubur tidak memiliki kepala, otak, jantung, mata, dan telinga. Tetapi ubur-ubur memiliki banyak tentakel. Setiap tentakel berisi sel-sel beracun yang menyengat. Ubur-ubur menggunakan tentakel-tentakel ini untuk menangkap dan menyengat mangsa mereka.







There are more than 2,000 species of jellyfish in this world. They range in size from about 2.5 cm to 61 m long. Some of them are cute enough to be put in sea water aquarium. Some of them are captured to be cooked as food in China and Japan. But some of them are dangerous to people. The example is the box jellyfish (chironex fleckeri). This box-shaped jellyfish, don’t ever try to touch it. Box-shaped jellyfish are poisonous. Their sting can cause death to human.


Ada lebih dari 2000 spesies ubur-ubur di dunia. Mereka berukuran dari 2,5 cm hingga 61 m. Beberapa jenis ubur-ubur cukup menarik untuk diletakan di dalam akuarium air laut.

Beberapa jenis ditangkap untuk dijadikan makanan di Cina dan Jepang. Tetapi beberapa jenis ubur-ubur berbahaya bagi manusia.
Contohnya adalah ubur-ubur kotak (Chinorex Fleckeri). Ubur-ubur kotak ini dapat ditemukan di lautan dan pantai-pantai di utara Australia dan Indo-Pasifik. Jika melihat seekor ubu-ubur kotak, jangan pernah menyetuhnya! Ubur-ubur kotak sangat beracun. Sengatannya dapat menyebabkan kematian pada manusia.


If you get stung by a jellyfish, don’t panic. Give this first aid :

  1. Don’t rub the skin
  2. Apply some vinegar (if possible)
  3. Remove any tentacle that is stuck
  4. Pour warm water on trough affected skin
  5. Go see a doctor immediatly.





Jika kamu tersengat ubur-ubur, jangan panik. Lakukanlah pertolongan pertama seperti ini :

  1. Jangan menggaruk kulit
  2. Beri cuka (jika mungkin)
  3. Angkat tentakel yang tersangkut
  4. Tuangkan air hangat pada kulit yang tersengat.
  5. Segera pergi ke dokter.

Sumber : C’nS Junior